Latihan Ujian Sekolah Matematika Kelas 6
Indikator 1
Disajikan wacana tentang pecahan, siswa
dapat membandingkan
pecahan senilai dalam berbagai bentuk pecahan
|
Contoh:
Ghaida membeli minuman jus botol berukuran dua liter. Ghaida meminum 2/10 bagian, Adik meminum 0,25, Ayah meminum 27%, dan sisa akan diminum ibu. Urutan peminum jus yang paling banyak adalah . . .
Penyelesaian:
Ubah semua pecahan ke bentuk yang sama (disini miss ubah ke bentuk persen)
Ghaida meminum 2/10 = 2/10 x 100% = 2 x 10% = 20%
Adik meminum 0,25 = 0,25 x 100% = 25/100 x 100% = 25%
Ayah meminum 27%
Sisa jus yang diminum ibu adalah 100% - (jus diminum Ghaida, Adik, dan Ayah)
= 100% - (20% + 25% + 27%)
= 100% - 72%
= 28 %
Jadi urutan peminum jus yang paling banyak adalah Ibu (28%), Ayah (27%), Adik (25%), Ghaida(20%).
Indikator 2
Disajikan tabel harga sekumpulan barang, siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
Contoh:
Perhatikan daftar harga sembako di Toko Ratna berikut ini!
Nama Barang
|
Satuan
|
Harga
|
Beras
|
1 kg
|
Rp10.500,00
|
Minyak goreng
|
1 liter
|
Rp11.500,00
|
Gula pasir
|
1 kg
|
RpRp6.000,00
|
Telur
|
1 kg
|
Rp22.000,00
|
Laras diminta ibu membeli 5 kg beras, 3 liter minyak goreng, 2 kg gula pasir, dan 1 kg telur dengan membawa uang dua lembar seratus ribuan. Berapa uang kembalian yang akan diterima Laras setelah berbelanja di Toko Ratna?
Penyelesaian:
Total harga belanjaan Laras adalah
(5 kg x harga beras) + (3 liter x harga minyak goreng) + (2 kg x harga gula pasir) + (1 kg x harga telur)
= (5 x Rp10.500,00) + (3 x Rp11.500,00) + (2 x Rp6.000,00) + (1 x Rp22.000,00)
= Rp52.500,00 + Rp34.500,00 + Rp12.000,00 + Rp22.000,00
= Rp121.000,00
Uang yang dibawa Laras adalah dua lembar seratus ribuan
= 2 x Rp100.000,00
= Rp200.000,00
Uang kembalian Laras = Uang yang dibawa Laras - Total harga belanjaan Laras
= Rp200.000,00 - Rp121.000
= Rp79.000,00
Indikator 3
Disajikan soal cerita yang berakaitan dengan kegiatan
ekonomi, siswa dapat menentukan hasil yang berkaitan dengan FPB.
|
Contoh:
Fathan memanen buah-buahan yang terdiri dari 250 kg jeruk, 200 kg salak, dan 150 kg sawo yang ada di kebunnya dan akan dia bagikan ke beberapa tetangganya dengan jumlah buah-buahan sama banyak. Berapa banyak tetangga yang akan mendapatkan buah-buahan dari Fathan? serta berapa banyak buah-buahan yang diperoleh masing-masing tetangganya?
Penyelesaian:
Untuk mencari banyaknya tetangga kita mencari FPB dari 250, 200, dan 150 (kalian boleh menggunakan cara model apapun untuk mencari FPB)
|
Jeruk
|
Salak
|
Sawo
|
|
250
|
200
|
150
|
Ketiganya
bisa bagi 10
|
10
|
25
|
20
|
15
|
Ketiganya
bisa dibagi 5
|
5
|
5
|
4
|
3
|
Ketiganya
sudah tidak bisa dibagi dengan angka yang sama
|
FPB merupakan pembagi terbesar yaitu 10 x 5 = 50 (warna merah)
Jadi banyaknya tetangga yang mendapatkan buah-buahan sebanyak 50 orang.
Setiap tetangga akan mendapatkan 5 kg jeruk, 4 kg salak, dan 3 kg sawo (warna hijau) atau apabila kalian mencari menggunakan pohon faktor maka, setiap jumlah buah-buahan dibagi dengan FPB sebagai berikut:
Jeruk = 250 kg : 50 = 5 kg
Salak = 200 kg : 50 = 4 kg
Sawo = 150 kg : 50 = 3 kg
Indikator 4
Disajikan soal cerita yang berakaitan dengan jadwal, siswa dapat menentukan hasil yang berkaitan dengan KPK.
|
Contoh:
Aby bersepeda setiap 5 hari sekali, Hafizh bersepeda setiap 6 hari sekali, dan Rafa bersepeda setiap 8 hari sekali. Jika pada tanggal 21 Mei 2021 mereka bersepeda bersama, maka pada tanggal berapa mereka akan bersepeda bersama untuk kedua kalinya?
Penyelesaian:
Karena ini merupakan kegiatan berulang, maka mencari KPK dari 5, 6, dan 8 (kalian boleh menggunakan cara model apapun untuk mencari KPK)
Faktorisasi prima dari 5 = 5
Faktorisasi prima dari 6 = 2 x 3
Faktorisasi prima dari 8 = 2^3 (dua pangkat 3)
Jadi KPKnya adalah 2^3 x 3 x 5 = 8 x 3 x 5 = 120 hari lagi
Jika pada tanggal 21 Mei 2021 mereka bersepeda bersama dan 120 hari lagi mereka akan bersepeda bersama untuk yang kedua kalinya, maka:
21 Mei 2021 + 120 hari = 141 Mei 2021 (karena tidak ada tanggal 141 Mei maka dikurangi jumlah tanggal di bulan tersebut dan masuk ke bulan berikutnya)
21 Mei 2021
120 hari +
141 Mei 2021 (tidak ada tanggal 141 Mei)
31 _- (dikurangi jumlah
tanggal di bulan mei yaitu 31)
110 Juni 2021 (tidak ada tanggal 110 Juni)
30 - (dikurangi jumlah
tanggal di bulan juni yaitu 30)
80 Juli 2021 (tidak ada tanggal 80 Juli)
31 - (dikurangi jumlah
tanggal di bulan juli yaitu 31)
49 Agustus 2021 (tidak ada tanggal 49 Agustus)
31 - (dikurangi jumlah
tanggal di bulan agustus yaitu 31)
18 September 2021 (ada tanggal 18 September)
Jadi, mereka bertiga (Aby, Hafizh, dan Rafa) akan bersepeda bersama untuk kedua kalinya pada tanggal 18 September 2021.
Indikator 5
Disajikan soal cerita yang berakaitan dengan panjang, siswa dapat menganalisis hasil
yang berkaitan dengan pembulatan.
|
Contoh:
Aldi mempunyai kawat dengan panjang 154,2 cm. Dia akan memotong kawat tersebut sepanjang 27,5 cm. Taksirlah sisa kawat Aldi sekarang (ke puluhan terdekat)
Penyelesaian:
154,2 cm dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 150 cm
27,5 cm dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 30 cm
Maka, sisa kawat Aldi adalah 150 cm - 30 cm = 120 cm
Indikator 6
Disajikan dua gambar bidang datar yang berbeda siswa
mampu menyimpulkan hasil yang berkaitan dengan keliling.
|
Contoh:
Hitunglah keliling bangun berikut!
Penyelesaian:
Ingat! Menghitung keliling adalah menjumlahkan sisi-sisi terluarnya
Jadi, keliling bangun tersebut adalah 12 cm + 10 cm + 15 cm + 10 cm + 6 cm + 6 cm = 59 cm
Indikator 7
Disajikan gambar bidang datar gabungan, siswa mampu menentukan luas bangun datar gabungan.
|
Contoh:
Berdasarkan gambar pada soal indikator 6, Hitunglah luas gabungan bangun tersebut!
Penyelesaian:
Untuk mencari luas gabungan, kalian bisa memisahkan setiap bangun datar tersebut.
Jadi luas gabungan pada bangun tersebut adalah L1 + L2 = 24 + 108 = 132 cm^2
Indikator 8
Disajikan cerita yang berkaitan dengan jam dinding,
siswa mampu menemukan besar sudut yang ditunjukan menggunakan satuan baku.
|
Contoh:
Hitungan besar sudut terkecil yang dibentuk oleh jam dinding dibawah ini!
Penyelesaian:
Karena yang ditanyakan sudut terkecil, maka sudut yang dibentuk dari angka 10 sampai angka 2 (10-11-12-1-2) hitung ada berapa loncatan 10 ke 11 (satu loncatan), 11 ke 12 (dua loncatan), 12 ke 1 (tiga loncatan), 1 ke 2 (empat loncatan). jadi sudut terkecil dari 10 ke 2 terdapat empat loncatan, dan setiap loncatan bersudut 30 derajat. jadi 4 x 30 derajat = 120 derajat.
Indikator 9
Disajikan gambar dua buah pecahan dengan penyebut
berbeda, siswa dapat menentukan hasil penjumlahannya kedua
gambar tersebut.
|
Contoh:
Perhatikan kedua gambar berikut!
Hitunglah penjumlahan pada gambar pecahan diatas!
Penyelesaian:
Gambar 1 = 5/8
Gambar 2 = 2/6
Jadi 5/8 + 2/6 = . . .
cari KPK dari 8 dan 6, yaitu 24
maka, 5/8 + 2/6 = .../24 + .../24 = (24:8x5) / 24 + (24:6x2) / 24 = 15/24 +8/24 = 23/24
Indikator 10
Disajikan cerita yang mengandung operasi
penjumlahan dan pengurangan pecahan
dengan penyebut berbeda, siswa dapat mengerjakan dengan benar
|
Contoh:
Fatih berhasil menjual telur sebanyak 13/20 bagian, sebanyak 3/15 bagian pecah. Sisa telur Fatih yang masih tersedia di tokonya sebanyak . . .
Penyelesain:
13/20 - 3/15 = . . . (cari KPK dari 20 dan 15, yaitu 60)
13/20 - 3/15 = .../60 - .../60 (ingat! kebawah dibagi, keatas dikali)
13/20 - 3/15 = 39/60 - 12/60 (60:20x13 = 39 dan 60:15x3 =12)
jadi, 39/60 - 12/60 = 27/60
Indikator 11
Disajikan cerita yang mengandung operasi
pengurangan dan penjumlahan pecahan dan desimal, siswa dapat menghitung hasil operasi dengan benar
|
Contoh:
Hayyunda mempunyai minyak goreng sebanyak 7,2 liter. Minyak tersebut digunakan sebanyak 6 2/5 liter. Hayyunda membeli lagi sebanyak 25/4 liter. Sisa minyak goreng Hayyunda sekarang adalah . . . (hasil akhir desimal)
Penyelesaian:
Karena diminta hasil akhir dalam bentuk desimal, maka sebaikya semua pecahan diubah menjadi desimal.
7,2 liter - 6 2/5 liter + 25/4 liter = 7,2 - 6,4 + 6,25 = 7,05 liter.
Indikator 12
Diberikan cerita yang mengandung perkalian
;pecahan campuran dan desimal, siswa dapat menentukan hasil perkaliannya
|
Contoh:
1. Bu Aulia memiliki gaji sebesar Rp5.000.000,00. sebesar 2,5% dari gaji tersebut dia sedekahkan. Berapa rupiahkah uang yang Aulia sedekahkan?
Penyelesaian:
Uang yang disedekahkan 2,5% dari Rp5.000.000,00
artinya 2,5/100 x Rp5.000.000,00 = 25/1000 x Rp5.000.000,00 = 25 x Rp5.000,00 = Rp125.000,00 (seratus dua puluh lima ribu rupiah)
2. Bu Jihan membeli 5 kotak paket, setiap paket berisi 0,5 kg terigu dan 2 1/4 kg minyak. Berapa berat kotak paket Bu Jihan?
Penyelesaian:
kata kunci perkalian kata "setiap"
5 x (0,2 + 2 1/4) = 5 x (0,2 + 2,25) = 5 x 2,45 = 12,25
Indikator 13
Diberikan kalimat matematika pembagian pecahan
desimal satu angka dengan desimal dua angka dibelakang koma, siswa dapat menghitung hasil pembagian
|
Contoh:
0,5 : 0,25 = . . .
Penyelesaian:
0,5 : 0,25 = . . . (jadikan pecahan biasa)
5/10 : 25/100= . . . (jadikan perkalian, pecahan setelah pembagi dibalik dari 25/100 menjadi 100/25)
5/10 x 100/25= . . . (sederhanakan dengan dicoret angka yang bisa dibagi)
5/10 x 100/25 = . . .
5/1 x 10/25 = . . .
1/1 x 10/5 = 2
Indikator 14
Disajikan cerita tentang keberangkatan seseorang,
yang diketahui waktu dan jarak, siswa menentukan kecepatannya
|
Contoh:
Diketahui jarak Kota Solo dan Kota Magelang 70 km. Jika Haykal berangkat dari kota Solo pukul 10.00 dan sampai di Kota Magelang pukul 11.15, maka kecepatan rata-rata Haykal mengendarai mobil tersebut adalah . . .
Penyelesaian:
Diketahui: S = 70 km
Ditanyakan: V = . . . ?
Jawab:
Lama perjalanan = waktu sampai - waktu berangkat = 11.15 - 10.00 = 1 jam 15 menit
ubah waktu menjadi satuan jam = 1 jam + 15 menit = 1 jam + 15/60 jam = 1 jam + 1/4 jam = 1 1/4 jam
Ingat rumusnya!
V = s : t = 70 km : 1 1/4 jam = 70 : 5/4 = 70 x 4/5 = 14 x 4/1 = 56 km/jam
Indikator 15
Disajikan narasi tentang debit awal suatu aliran
air, siswa menentukan debit dengan satuan yang berbeda
|
Contoh:
720.000 liter/jam = . . . meter^3/ detik
Penyelesaian:
Volume
Volume = 720.000 liter = . . . meter^3 (ingat! liter = dm^3)
720.000 dm^3 = 720.000 : 1000 ( desimeter ke meter NAIK, artinya dibagi karena pangkat 3 maka dibagi 1000)
720.000 : 1000 = 720 meter^3
Waktu
Waktu = 1 jam
1 jam = 3.600 detik
Debit
Ingat rumus Debit!
D = V : t = 720 : 3.600 = 720 : 3.600 = 72 : 360 = 2 : 10 = 0,2 meter kubik/ detik
Indikator 16
Disajikan informasi jarak suatu daerah ke daerah
lain pada peta dan skala tertentu, siswa menghitung jarak sebenarnya
|
Contoh:
Arkan menggambar sebuah peta dengan skala 1 : 2000.000. Jika digambar jarak Kota A ke Kota B adalah 5 cm, maka jarak Kota A ke Kota B yang sebenarnya adalah . . . Km
Penyelesaian:
Diketahui
Skala = 1 : 2.000.000
Jp = 5 cm
Ditanyakan:
Js = . . . ?
Jawab:
Js = Jp : S = 5 : 1/2.000.000 = 5 x 2.000.000/1 = 10.000.000 cm
10.000.000 cm = . . . km
10.000.000 : 100.000 = 10.000.000 : 100.000 =100 km
Indikator 17
Disajikan deskripsi suatu benda yang diketahui
tinggi sebenarnya dengan tinggi pada peta. Siswa menentukan skala yang digunakan
|
Contoh:
Hani melihat Monas di Jakarta. Dia mengetahui bahwa tinggi Monas adalah 132 m. Hani menggambar Monas tersebut pada buku gambarnya dengan tinggi 3 cm. Maka berapakah skala yang dipergunakan Hani dalam menggambar Monas tersebut?
Penyelesaian:
Diketahui:
Js = 132 m
Jp = 3 cm
Ditanyakan:
Skala = . . . ?
Jawab:
samakan dulu penyebutnya (ingat! skala selalu dalam mengikuti bentuk cm)
Js = 132 m = 132 x 100 cm = 13.200 cm
Skala = Jp : Js = 3 : 13200 (sederhanakan dengan sama-sama dibagi 3)
3 : 13200 = 1 : 4400
Jadi, skala yang digunakan adalah 1 : 4.400
Indikator 18
Disajikan gambar jaring- jaring balok, siswa menentukan sisi yg berhadapan
|
Contoh:
Perhatikan jaring-jaring balok dibawah ini!
Sisi yang berhadapan dengan BCGF adalah . . .
Jawab:
Sisi EHDA
Indikator 19
Disajikan gambar jaring- jaring kubus, dengan menuliskan nama- nama sudut.
Siswa mengidentifikasi nama
Sudut yang tepat sesuai yang ditunjuk.
|
Contoh:
perhatikan gambar kubus dibawah ini!
Sebutkan sudut-sudut yang garisnya berpotongan dengan sudut D!
Jawab:
< A, < C, dan < H
Indikator 20
Disajikan gambar jaring- jaring kubus, siswa mampu memilih yang merupakan jaring-jaring
kubus yang benar.
|
Contoh:
Perhatikan jaring-jaring kubus berikut ini!
Jaring-jaring kubus yang benar berdasarkan gambar diatas, kecuali . . .
Jawab:
C
Indikator 21
Disajikan gambar garis bilangan, siswa
dapat menentukan bilangan yang dimaksud pada
garis bilangan tersebut.
|
Contoh:
Perhatikan garis bilangan berikut!
Jika model tersebut maju lima langkah, kemudian mundur tujuh langkah, berada dibilangan berapakah model tersebut sekarang?
Jawab:
maju 5 langkah, mundur 7 langkah. maka ada di posisi -2 sekarang.
atau 5 - 7 = -2
Indikator 22
Disajikan cerita yang berkaitan dengan
suhu, siswa dapat
menentukan nilai bilangan bulat.
|
Contoh:
Suhu udara di kota A 6 derajat celcius. Jika suhunya turun 2 derajat celcius setiap jamnya, maka berapakah suhu udara di Kota A setelah 4 jam?
Penyelesaian:
Diketahui:
Suhu mula-mula = 6 derajat celcius
setiap jam suhu turun 2 derajat celcius
Ditanyakan:
Suhu setelah 4 jam
Jawab:
suhu mula-mula dikurangi karena ada kalimat turun dan dikali karena dengan ciri-ciri kata setiap
6 - 2 x 4 (ingat: KULIBATAKU)
6 - 8 = -2
Indikator 23
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan nilai bilangan bulat antara dua
bilangan.
|
Contoh:
Bilangan antara -6 dan 0 adalah . . .
Jawab:
Perhatikan gambar garis bilangan dibawah ini!
jawabannya adalah bilangan-bilangan diantara -6 dan 0 yaitu bisa -5 atau -4 atau -3 atau -2 dan atau -1
Indikator 24
Disajikan cerita, siswa dapat memecahkan masalah
yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat
|
Contoh:
Sofyan mengeluarkan es krim yang ada di frezzer, suhu mula-mula es krim 6 derajar celcius dibawah nol. setelah 2 menit suhu es krim naik 3 derajat. Berapakah suhu es krim setelah 10 menit?
Penyelesaian:
Diketahui:
Suhu mula-mula 6 derajat celcius dibawah nol artinya -6
naik 3 derajat arinya bertambah 3 dalam 2 menit
Ditanyakan: suhu setelah 10 menit
Jawab:
-6 + 3 x (10 menit : 2 menit)
= -6 + 3 x 5 menit
= -6 + 15
= 9 derajat celcius
Jadi suhu es krim Sofyan sekarang adalah 9 derajat celcius
Indikator 25
Disajikan pernyataan bilangan bulat, siswa dapat membandingkan
bilangan bulat
|
Contoh:
Attala menyelam menggunakan kapal selam pada kedalam 200 m sedangkan Rifqi naik ke puncak Monas yang memiliki ketinggian 132 m. Berilah tanda perbandingan antara Attala dan Rifqi dari permukaan tanah!
Jawab:
Attala . . . Rifqi
-200 m . . . 132 m (tanda yang tepat adalah . . . )
-200 < 132
Indikator 26
Disajikan gambar setengah lingkaran, siswa dapat menentukan luas
setengah lingkaran
|
Contoh:
Hitunglah luas bangun dibawah ini!
Penyelesaian:
Indikator 27
Disajikan gambar unsur-unsur lingkaran, siswa dapat
mendeteksi unsur lingkaran pada gambar yang disajikan
|
Contoh:
Perhatikan unsur-unsur lingkaran pada gambar dibawah ini!
Garis OE disebut. . .
Jawab:
Apotema
Indikator 28
Disajikan cerita, siswa dapat memecahkan masalah
yang berkaitan dengan keliling
lingkaran.
|
Contoh:
Fachri mengelilingi sebuah lapangan yang berbentuk lingkaran dengan diameter 14 m. Jika Fachri mengelilingi lapangan tersebut sebanyak 5 kali putaran, Berapakah jarak yang ditempuh Fachri untuk mengelilingi lapangan tersebut?
Penyelesaian:
karena yang ditanyakan jarak mengelilingi lapangan berbentuk lingkaran, maka kita harus mencari keliling lingkaran yang berbentuk lingkaran tersebut, serta mengalikanna dengan 5 karena Fachri mengelilingi lapangan tersebut lima putaran.
Indikator 29
Disajikan pernyataan tentang luas
/keliling lingkaran, siswa
dapat menentukan jari-jari lingkaran.
|
Contoh:
1. Rasyah mengelilingi sebuah lapangan berbentuk lingkaran sejauh 44 meter dalam satu kali putaran, maka berapakah jari-jari lapangan tersebut?
Penyelesaian:
Diketahui Keliling lingkaran = 44 meter
ditanyakan : jari-jari (r)
2. Meisya memiliki tanah berbentuk lingkaran dengan luas 314 meter. Berapakah panjang jari-jari tanah Meisya tersebut?
Penyelesaian:
Diketahui: L = 314 m
Ditanya: r = . . . ?
Jawab:
Indikator 30
Disajikan pernytaan tentang sifat-sifat
bangun ruang, siswa dapat
menganalisis bangun ruang berdasarkan sifatnya
|
Contoh:
Indikator 31
Disajikan cerita, siswa dapat memecahkan masalah
yang berkaitan dengan volume tabung.
|
Contoh:
Indikator 32
Disajikan gambar bangun ruang gabungan, siswa dapat menentukan
volume gabungan bangun ruang
|
Contoh:
Indikator 33
Disajikan cerita mengenai bangun ruang, siswa dapat memecahkan masalah
berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
|
Contoh:
Indikator 34
Disajikan gambar bangun ruang, siswa dapat menentukan luas
permukaan bangun ruang gabungan
|
Contoh:
Indikator 35
Disajikan sekumpulan data, siswa dapat menentukan tabel berdasarkan data.
|
Contoh:
Indikator 36
Disajikan diagram lingkaran, siswa dapat
mendeteksi kuantitas suatu data
|
Contoh:
Indikator 37
Disajikan diagram batang, siswa dapat
menentukan selisih data
|
Contoh:
Indikator 38
Disajikan diagram garis, siswa dapat menentukan rata-rata dari
data tersebut
|
Contoh:
Indikator 39
Disajikan tabel data, siswa dapat
menentukan median
|
Contoh:
Indikator 40
Disajikan piktogram, siswa dapat
menentukaan modus
|
Contoh:
Komentar
Posting Komentar