Latihan Ujian Sekolah Matematika Kelas 6 Tahun Ajaran 2020-2021

 Latihan Ujian Sekolah Matematika Kelas 6


Indikator 1

Disajikan wacana tentang pecahan, siswa  dapat membandingkan pecahan senilai dalam berbagai bentuk pecahan


Contoh:
Ghaida membeli minuman jus botol berukuran dua liter. Ghaida meminum 2/10 bagian, Adik meminum 0,25,  Ayah meminum 27%, dan sisa akan diminum ibu. Urutan peminum jus yang paling banyak adalah . . .

Penyelesaian:
Ubah semua pecahan ke bentuk yang sama (disini miss ubah ke bentuk persen)
Ghaida meminum 2/10 = 2/10 x 100% = 2 x 10% = 20%
Adik meminum 0,25 = 0,25 x 100% = 25/100 x 100% = 25%
Ayah meminum 27%
Sisa jus yang diminum ibu adalah 100% - (jus diminum Ghaida, Adik, dan Ayah)
= 100% - (20% + 25% + 27%)
= 100% - 72%
= 28 %
Jadi urutan peminum jus yang paling banyak adalah Ibu (28%), Ayah (27%), Adik (25%), Ghaida(20%).

Indikator 2

Disajikan tabel harga sekumpulan barang, siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah.


Contoh:
Perhatikan daftar harga sembako di Toko Ratna berikut ini!

Nama Barang

Satuan

Harga

Beras

1 kg

Rp10.500,00

Minyak goreng

1 liter

Rp11.500,00

Gula pasir

1 kg

RpRp6.000,00

Telur

1 kg

Rp22.000,00


Laras diminta ibu membeli 5 kg beras, 3 liter minyak goreng, 2 kg gula pasir, dan 1 kg telur dengan membawa uang dua lembar seratus ribuan. Berapa uang kembalian yang akan diterima Laras setelah berbelanja di Toko Ratna?

Penyelesaian:
Total harga belanjaan Laras adalah 
(5 kg x harga beras) + (3 liter x harga minyak goreng) + (2 kg x harga gula pasir) + (1 kg x harga telur)
= (5 x Rp10.500,00) + (3 x Rp11.500,00) + (2 x Rp6.000,00) + (1 x Rp22.000,00)
= Rp52.500,00 + Rp34.500,00 + Rp12.000,00 + Rp22.000,00
= Rp121.000,00

Uang yang dibawa Laras adalah dua lembar seratus ribuan
= 2 x Rp100.000,00
= Rp200.000,00

Uang kembalian Laras = Uang yang dibawa Laras - Total harga belanjaan Laras 
 = Rp200.000,00 - Rp121.000
 = Rp79.000,00


Indikator 3

Disajikan soal cerita yang berakaitan dengan kegiatan ekonomi, siswa dapat menentukan hasil  yang berkaitan dengan FPB.


Contoh:
Fathan memanen buah-buahan yang terdiri dari 250 kg jeruk, 200 kg salak, dan 150 kg sawo yang ada di kebunnya dan akan dia bagikan ke beberapa tetangganya dengan jumlah buah-buahan sama banyak. Berapa banyak tetangga yang akan mendapatkan buah-buahan dari Fathan? serta berapa banyak buah-buahan yang diperoleh masing-masing tetangganya?

Penyelesaian:
Untuk mencari banyaknya tetangga kita mencari FPB dari 250, 200, dan 150 (kalian boleh menggunakan cara model apapun untuk mencari FPB)

 

Jeruk

Salak

Sawo

 

250

200

150

Ketiganya bisa bagi 10

10

25

20

15

Ketiganya bisa dibagi 5

5

5

4

3

Ketiganya sudah tidak bisa dibagi dengan angka yang sama


FPB merupakan pembagi terbesar yaitu 10 x 5 = 50 (warna merah)
Jadi banyaknya tetangga yang mendapatkan buah-buahan sebanyak 50 orang.

Setiap tetangga akan mendapatkan 5 kg jeruk, 4 kg salak, dan 3 kg sawo (warna hijau) atau apabila kalian mencari menggunakan pohon faktor maka, setiap jumlah buah-buahan dibagi dengan FPB sebagai berikut:
Jeruk = 250 kg : 50 = 5 kg
Salak = 200 kg : 50 = 4 kg
Sawo = 150 kg : 50 = 3 kg

Indikator 4

Disajikan soal cerita yang berakaitan dengan jadwal, siswa dapat menentukan hasil yang berkaitan dengan KPK.


Contoh:
Aby bersepeda setiap 5 hari sekali, Hafizh bersepeda setiap 6 hari sekali, dan Rafa bersepeda setiap 8 hari sekali. Jika pada tanggal 21 Mei 2021 mereka bersepeda bersama, maka pada tanggal berapa mereka akan bersepeda bersama untuk kedua kalinya?

Penyelesaian:
Karena ini merupakan kegiatan berulang, maka mencari KPK dari 5, 6, dan 8 (kalian boleh menggunakan cara model apapun untuk mencari KPK)



Faktorisasi prima dari 5 = 5
Faktorisasi prima dari 6 = 2 x 3
Faktorisasi prima dari 8 = 2^3 (dua pangkat 3)

Jadi KPKnya adalah 2^3 x 3 x 5 = 8 x 3 x 5 = 120 hari lagi

Jika pada tanggal 21 Mei 2021 mereka bersepeda bersama dan 120 hari lagi mereka akan bersepeda bersama untuk yang kedua kalinya, maka:
21 Mei 2021 + 120 hari = 141 Mei 2021 (karena tidak ada tanggal 141 Mei maka dikurangi jumlah tanggal di bulan tersebut dan masuk ke bulan berikutnya)

  21 Mei 2021

120 hari         +

141 Mei 2021 (tidak ada tanggal 141 Mei)

  31                   _- (dikurangi jumlah tanggal di bulan mei yaitu 31)

110 Juni 2021 (tidak ada tanggal 110 Juni)

  30                     - (dikurangi jumlah tanggal di bulan juni yaitu 30)

  80 Juli 2021 (tidak ada tanggal 80 Juli)

  31                     - (dikurangi jumlah tanggal di bulan juli yaitu 31)

  49 Agustus 2021 (tidak ada tanggal 49 Agustus)

  31                     - (dikurangi jumlah tanggal di bulan agustus yaitu 31)

  18 September 2021 (ada tanggal 18 September)



Jadi, mereka bertiga (Aby, Hafizh, dan Rafa) akan bersepeda bersama untuk kedua kalinya pada tanggal 18 September 2021.

Indikator 5

Disajikan soal cerita yang berakaitan dengan panjang, siswa dapat menganalisis hasil  yang berkaitan dengan pembulatan.


Contoh:
Aldi mempunyai kawat dengan panjang 154,2 cm. Dia akan memotong kawat tersebut sepanjang 27,5 cm. Taksirlah sisa kawat Aldi sekarang (ke puluhan terdekat)

Penyelesaian:
154,2 cm dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 150 cm
27,5 cm dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 30 cm

Maka, sisa kawat Aldi adalah 150 cm - 30 cm = 120 cm

Indikator 6

Disajikan dua gambar bidang datar yang berbeda siswa mampu menyimpulkan hasil yang berkaitan dengan keliling.


Contoh:
Hitunglah keliling bangun berikut!


Penyelesaian:

Ingat! Menghitung keliling adalah menjumlahkan sisi-sisi terluarnya


Jadi, keliling bangun tersebut adalah 12 cm + 10 cm + 15 cm + 10 cm + 6 cm + 6 cm = 59 cm

Indikator 7

Disajikan gambar bidang datar gabungan, siswa mampu menentukan luas bangun datar gabungan.


Contoh:
Berdasarkan gambar pada soal indikator 6, Hitunglah luas gabungan bangun tersebut!

Penyelesaian:
Untuk mencari luas gabungan, kalian bisa memisahkan setiap bangun datar tersebut.



Jadi luas gabungan pada bangun tersebut adalah L1 + L2 = 24 + 108 = 132 cm^2



Indikator 8

Disajikan cerita yang berkaitan dengan jam dinding, siswa mampu menemukan besar sudut yang ditunjukan menggunakan satuan baku.


Contoh:
Hitungan besar sudut terkecil yang dibentuk oleh jam dinding dibawah ini!

Penyelesaian:
Karena yang ditanyakan sudut terkecil, maka sudut yang dibentuk dari angka 10 sampai angka 2 (10-11-12-1-2) hitung ada berapa loncatan 10 ke 11 (satu loncatan), 11 ke 12 (dua loncatan), 12 ke 1 (tiga loncatan), 1 ke 2 (empat loncatan). jadi sudut terkecil dari 10 ke 2 terdapat empat loncatan, dan setiap loncatan bersudut 30 derajat. jadi 4 x 30 derajat = 120 derajat.

Indikator 9

Disajikan gambar dua buah pecahan dengan penyebut berbeda, siswa dapat menentukan hasil penjumlahannya kedua gambar tersebut.


Contoh:
Perhatikan kedua gambar berikut!



Hitunglah penjumlahan pada gambar pecahan diatas!


Penyelesaian:
Gambar 1 = 5/8
Gambar 2 = 2/6

Jadi 5/8 + 2/6 = . . .
cari KPK dari 8 dan 6, yaitu 24
maka, 5/8 + 2/6 = .../24 + .../24 = (24:8x5) / 24 + (24:6x2) / 24 = 15/24 +8/24 = 23/24


Indikator 10

Disajikan cerita yang mengandung operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda, siswa dapat mengerjakan dengan benar


Contoh:
Fatih berhasil menjual telur sebanyak 13/20 bagian, sebanyak 3/15 bagian pecah. Sisa telur Fatih yang masih tersedia di tokonya sebanyak . . .

Penyelesain:
13/20 - 3/15 = . . .  (cari KPK dari 20 dan 15, yaitu 60)
13/20 - 3/15 = .../60 - .../60 (ingat! kebawah dibagi, keatas dikali)
13/20 - 3/15 = 39/60 - 12/60 (60:20x13 = 39 dan 60:15x3 =12)
jadi, 39/60 - 12/60 = 27/60

Indikator 11

Disajikan cerita yang mengandung operasi pengurangan dan penjumlahan pecahan dan desimal, siswa dapat menghitung hasil operasi dengan benar


Contoh:
Hayyunda mempunyai minyak goreng sebanyak 7,2 liter. Minyak tersebut digunakan sebanyak 6 2/5 liter. Hayyunda membeli lagi sebanyak 25/4 liter. Sisa minyak goreng Hayyunda sekarang adalah . . . (hasil akhir desimal)

Penyelesaian:
Karena diminta hasil akhir dalam bentuk desimal, maka sebaikya semua pecahan diubah menjadi desimal.
7,2 liter - 6 2/5 liter + 25/4 liter = 7,2 - 6,4 + 6,25 = 7,05 liter.

Indikator 12

Diberikan cerita yang mengandung perkalian ;pecahan campuran dan desimal, siswa dapat menentukan hasil perkaliannya


Contoh:
1. Bu Aulia memiliki gaji sebesar Rp5.000.000,00. sebesar 2,5% dari gaji tersebut dia sedekahkan. Berapa rupiahkah uang yang Aulia sedekahkan?

Penyelesaian:
Uang yang disedekahkan 2,5% dari Rp5.000.000,00
artinya 2,5/100 x Rp5.000.000,00 = 25/1000 x Rp5.000.000,00 = 25 x Rp5.000,00 = Rp125.000,00 (seratus dua puluh lima ribu rupiah)

2. Bu Jihan membeli 5 kotak paket, setiap paket berisi 0,5 kg terigu dan 2 1/4 kg minyak. Berapa berat kotak paket Bu Jihan?

Penyelesaian:
kata kunci perkalian kata "setiap"

5 x (0,2 + 2 1/4) = 5 x (0,2 + 2,25) = 5 x 2,45 = 12,25

Indikator 13

Diberikan kalimat matematika pembagian pecahan desimal satu angka dengan desimal dua angka dibelakang koma, siswa dapat menghitung hasil pembagian


Contoh:
0,5 : 0,25 = . . .

Penyelesaian:
0,5 : 0,25 = . . . (jadikan pecahan biasa)
5/10 : 25/100= . . . (jadikan perkalian, pecahan setelah pembagi dibalik dari 25/100 menjadi 100/25)
5/10 x 100/25= . . . (sederhanakan dengan dicoret angka yang bisa dibagi)
5/10 x 100/25 = . . .
5/1 x 10/25   = . . .
1/1 x 10/5 = 2

Indikator 14

Disajikan cerita tentang keberangkatan seseorang, yang diketahui waktu dan jarak, siswa menentukan kecepatannya


Contoh:
Diketahui jarak Kota Solo dan Kota Magelang 70 km. Jika Haykal berangkat dari kota Solo pukul 10.00 dan sampai di Kota Magelang pukul 11.15, maka kecepatan rata-rata Haykal mengendarai mobil tersebut adalah  . . .

Penyelesaian:
Diketahui:  S = 70 km
t = 10.00 - 11.15

Ditanyakan: V = . . . ?

Jawab: 

Lama perjalanan = waktu sampai - waktu berangkat = 11.15 - 10.00 = 1 jam 15 menit

ubah waktu menjadi satuan jam = 1 jam + 15 menit = 1 jam + 15/60 jam = 1 jam + 1/4 jam = 1 1/4 jam

Ingat rumusnya!

V = s : t = 70 km : 1  1/4 jam = 70 : 5/4 = 70 x 4/5 = 14 x 4/1 = 56 km/jam


Indikator 15

Disajikan narasi tentang debit awal suatu aliran air, siswa menentukan debit dengan satuan yang berbeda


Contoh:
720.000 liter/jam = . . . meter^3/ detik

Penyelesaian:
Volume
Volume = 720.000 liter = . . . meter^3 (ingat! liter = dm^3)
720.000 dm^3 =  720.000 : 1000  ( desimeter ke meter NAIK, artinya dibagi karena pangkat 3 maka dibagi 1000) 
720.000 : 1000 = 720 meter^3

Waktu
Waktu = 1 jam
1 jam = 3.600 detik

Debit
Ingat rumus Debit!
D = V : t = 720 : 3.600 = 720 : 3.600 = 72 : 360 = 2 : 10 = 0,2 meter kubik/ detik


Indikator 16

Disajikan informasi jarak suatu daerah ke daerah lain pada peta dan skala tertentu, siswa menghitung jarak sebenarnya


Contoh:
Arkan menggambar sebuah peta dengan skala 1 : 2000.000. Jika digambar jarak Kota A ke Kota B adalah 5 cm, maka jarak Kota A ke Kota B yang sebenarnya adalah . . . Km

Penyelesaian:
Diketahui
Skala = 1 : 2.000.000
Jp = 5 cm

Ditanyakan:
Js = . . . ?

Jawab:
Js = Jp : S = 5 : 1/2.000.000 = 5 x 2.000.000/1 = 10.000.000 cm 
10.000.000 cm =  . . . km
10.000.000 : 100.000 = 10.000.000 : 100.000 =100 km

Indikator 17

Disajikan deskripsi suatu benda yang diketahui tinggi sebenarnya dengan tinggi pada peta. Siswa menentukan skala yang digunakan


Contoh:
Hani melihat Monas di Jakarta. Dia mengetahui bahwa tinggi Monas adalah 132 m. Hani menggambar Monas tersebut pada buku gambarnya dengan tinggi 3 cm. Maka berapakah skala yang dipergunakan Hani dalam menggambar Monas tersebut?

Penyelesaian:
Diketahui:
Js = 132 m
Jp = 3 cm

Ditanyakan:
Skala = . . . ?

Jawab:
samakan dulu penyebutnya (ingat! skala selalu dalam mengikuti bentuk cm)

Js = 132 m = 132 x 100 cm = 13.200 cm

Skala = Jp : Js = 3 : 13200 (sederhanakan dengan sama-sama dibagi 3)
3 : 13200 = 1 : 4400
Jadi, skala yang digunakan adalah 1 : 4.400

Indikator 18

Disajikan gambar jaring- jaring balok, siswa menentukan sisi yg berhadapan


Contoh:
Perhatikan jaring-jaring balok dibawah ini!

Sisi yang berhadapan dengan BCGF adalah . . .

Jawab:
Sisi EHDA

Indikator 19

Disajikan gambar jaring- jaring kubus, dengan menuliskan nama- nama sudut. Siswa mengidentifikasi nama Sudut yang tepat sesuai yang ditunjuk.


Contoh:
perhatikan gambar kubus dibawah ini!

Sebutkan sudut-sudut yang garisnya berpotongan dengan sudut D!

Jawab:
< A, < C, dan < H

Indikator 20

Disajikan gambar jaring- jaring kubus, siswa mampu memilih yang merupakan jaring-jaring kubus yang benar.


Contoh:
Perhatikan jaring-jaring kubus berikut ini!

Jaring-jaring kubus yang benar berdasarkan gambar diatas, kecuali . . .

Jawab:
C

Indikator 21

Disajikan gambar garis bilangan, siswa dapat menentukan bilangan yang dimaksud pada  garis bilangan tersebut.


Contoh:
Perhatikan garis bilangan berikut!
Jika model tersebut maju lima langkah, kemudian mundur tujuh langkah, berada dibilangan berapakah model tersebut sekarang?

Jawab:
maju 5 langkah, mundur 7 langkah. maka ada di posisi -2 sekarang. 
atau 5 - 7 = -2


Indikator 22

Disajikan cerita yang berkaitan dengan suhu, siswa dapat menentukan  nilai bilangan bulat.


Contoh:
Suhu udara di kota A 6 derajat celcius. Jika suhunya turun 2 derajat celcius setiap jamnya, maka berapakah suhu udara di Kota A setelah 4 jam?

Penyelesaian:
Diketahui:
Suhu mula-mula = 6 derajat celcius
setiap jam suhu turun 2 derajat celcius

Ditanyakan:
Suhu setelah 4 jam

Jawab:
suhu mula-mula dikurangi karena ada kalimat turun dan dikali karena dengan ciri-ciri kata setiap
6 - 2 x 4 (ingat: KULIBATAKU)
6 - 8 = -2

Indikator 23

Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan  nilai bilangan bulat antara dua bilangan. 


Contoh:
Bilangan antara -6 dan 0 adalah  . . .

Jawab:
Perhatikan gambar garis bilangan dibawah ini!
jawabannya adalah bilangan-bilangan diantara -6 dan 0 yaitu bisa -5 atau -4 atau -3 atau -2 dan atau -1


Indikator 24

Disajikan cerita, siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan  operasi hitung bilangan bulat


Contoh:
Sofyan mengeluarkan es krim yang ada di frezzer, suhu mula-mula es krim 6 derajar celcius dibawah nol. setelah 2 menit suhu es krim naik  3 derajat. Berapakah suhu es krim setelah 10 menit?

Penyelesaian:
Diketahui:
Suhu mula-mula 6 derajat celcius dibawah nol artinya -6
naik 3 derajat arinya bertambah 3 dalam 2 menit
Ditanyakan: suhu setelah 10 menit
Jawab:
-6 + 3 x (10 menit : 2 menit) 
= -6 + 3 x 5 menit
= -6 + 15
= 9 derajat celcius

Jadi suhu es krim Sofyan sekarang adalah 9 derajat celcius

Indikator 25

Disajikan pernyataan bilangan bulat, siswa dapat membandingkan bilangan bulat


Contoh:
Attala menyelam menggunakan kapal selam pada kedalam 200 m sedangkan Rifqi naik ke puncak Monas yang memiliki ketinggian 132 m. Berilah tanda perbandingan antara Attala dan Rifqi dari permukaan tanah!

Jawab:
Attala . . . Rifqi
-200 m . . . 132 m (tanda yang tepat adalah . . . )
-200 < 132


Indikator 26

Disajikan gambar setengah lingkaran, siswa dapat menentukan luas setengah lingkaran


Contoh:
Hitunglah luas bangun dibawah ini!


Penyelesaian:



Indikator 27

Disajikan gambar unsur-unsur lingkaran, siswa dapat mendeteksi unsur lingkaran pada gambar yang disajikan


Contoh:
Perhatikan unsur-unsur lingkaran pada gambar dibawah ini!

Garis OE disebut. . .

Jawab:
Apotema

Indikator 28

Disajikan cerita, siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan  keliling lingkaran.


Contoh:
Fachri mengelilingi sebuah lapangan yang berbentuk lingkaran dengan diameter 14 m. Jika Fachri mengelilingi lapangan tersebut sebanyak 5 kali putaran, Berapakah jarak yang ditempuh Fachri untuk mengelilingi lapangan tersebut?

Penyelesaian:
karena yang ditanyakan jarak mengelilingi lapangan berbentuk lingkaran, maka kita harus mencari keliling lingkaran yang berbentuk lingkaran tersebut, serta mengalikanna dengan 5 karena Fachri mengelilingi lapangan tersebut lima putaran.


Indikator 29

Disajikan pernyataan tentang luas /keliling lingkaran, siswa dapat menentukan jari-jari lingkaran.


Contoh:
1. Rasyah mengelilingi sebuah lapangan berbentuk lingkaran sejauh 44 meter dalam satu kali putaran, maka berapakah jari-jari lapangan tersebut?

Penyelesaian:
Diketahui Keliling lingkaran = 44 meter
ditanyakan : jari-jari (r)

2. Meisya memiliki tanah berbentuk lingkaran dengan luas 314 meter. Berapakah panjang jari-jari tanah Meisya tersebut?

Penyelesaian:
Diketahui: L = 314 m
Ditanya: r = . . . ?
Jawab:




Indikator 30

Disajikan pernytaan tentang sifat-sifat bangun ruang, siswa dapat menganalisis bangun ruang berdasarkan sifatnya


Contoh:

Indikator 31

Disajikan cerita, siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan volume tabung.


Contoh:

Indikator 32

Disajikan gambar bangun ruang gabungan, siswa dapat menentukan volume gabungan bangun ruang


Contoh:

Indikator 33

Disajikan cerita mengenai bangun ruang, siswa dapat memecahkan masalah berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.


Contoh:

Indikator 34

Disajikan gambar bangun ruang, siswa dapat menentukan luas permukaan bangun ruang gabungan


Contoh:

Indikator 35

Disajikan sekumpulan data, siswa dapat menentukan tabel  berdasarkan data.


Contoh:

Indikator 36

Disajikan diagram lingkaran, siswa dapat mendeteksi kuantitas suatu data


Contoh:

Indikator 37

Disajikan diagram batang, siswa dapat menentukan selisih data


Contoh:

Indikator 38

Disajikan diagram garis, siswa dapat menentukan rata-rata dari data tersebut


Contoh:

Indikator 39

Disajikan tabel data, siswa dapat menentukan median


Contoh:

Indikator 40

Disajikan piktogram, siswa dapat menentukaan modus


Contoh:

Komentar

Postingan Populer